SIKSAAN NERAKA  

 

Image

Tentang siksaan orang-orang kafir dan zalim di dalam Jahanam, Allah SWT berfirman :

“Hai orang-orang beriman, peliharalah diri dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah (tubuh) manusia dan bebatuan; penjaganya para malaikat yang kasar, keras, (dan) tidak ( pernah) membantah kepada Allah atas apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang di perintahkan“ (QS at-Tahrim [66]: 6).

 

Ada pun kedudukan orang-orang munafik akan berada di kerak/ dasar neraka yang paling bawah.“Sesungguhnya orang-orang munafik itu berada pada tingkatan yang paling bawah dari neraka dan kamu sekali-kali tidak mendapat se orang penolong pun bagi mereka” (QS an-Nisa[4]: 145).

 

Di akhirat para penghuni neraka akan menjalani hukuman berupa siksa yang sangat pedih. Siksaan yang mereka derita dalam neraka itu bermacam-macam sekali, sebagaimana yang difirmankan Allah seperti berikut:

  • “Dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka.” (At-Taubah [9]:35)
  • “Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, supaya mereka diseret, kedalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api.”(Al-Mu’min [40]:71-72)
  • “Peganglah dia kemudian seretlah dia ketengah-tengah neraka. Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya seksaan (dari) air yang amat panas. Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia.” (Ad-Dukhan [44]:47-49)
  • “Peganglah dia lalu belenggulah tangannya kelehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta.” (Al-Haqqah [69]:30-32)
  • “Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian dari api neraka, disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala-kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada di dalam perut mereka dan juga kulit-kulit mereka. Dan cambuk-cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, maka mereka dikembalikan kedalamnya, (serta dikatakan kepada mereka): “Rasailah azab yang membakar ini.” (Al-Hajj[22]:19-22)

 

Allah SWT juga mengingatkan kepada manusia bahwa siksa neraka amatlah pedih.

“Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Kami kelak akan Kami masukan ke dalam neraka Jahanam. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami mengganti kulit mereka dengan kulit yang baru supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS an-Nisa[4]:56)

 

Sadarilah wahai teman bahwa kita hidup di dunia ini hanya sementara, manfaatkan lah hidup ini dengan sebaik-baiknya. Sesungguhnya kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal dan abadi. Apa yang kita sombongkan di muka bumi ini ?…. sesungguhnya hanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Posted on Juni 1, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar